Find Us On Social Media :

Tak Sampai Setengah Hari Usai Gelontorkan Rp77 Miliar untuk Bantu Timor Leste yang Luluh Lantak Akibat Siklon Tropis Seroja, Setengah Wilayah Negara Bagian dari Negara Ini Malah Diratakan oleh Badai yang Sama

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 12 April 2021 | 14:44 WIB

Bantu Timor Leste yang Luluh Lantak Akibat Siklon Tropis Seroja,

Intisari-Online.com - Australia telah menanggapi permintaan bantuan dari pemerintah Timor-Leste dengan paket bantuan senilai Rp77 miliar untuk mendukung 100.000 orang yang terkena dampak banjir.

Bantuan tersebut menyusul dukungan langsung yang diberikan Australia di ibu kota Dili kepada orang-orang yang berlindung di pusat-pusat evakuasi setelah banjir akhir pekan Paskah.

Pernyataan serupa dari Menteri Luar Negeri Marise Payne dan Menteri Pembangunan Internasional Zed Seselja diumumkan pada hari Minggu.

Bantuan darurat tambahan sebesar Rp77 miliar itu mencakup penyediaan alat pelindung diri, tempat tinggal sementara dan penyediaan barang-barang rumah tangga yang penting.

Baca Juga: Irian Barat Direbut, Gelora Bung Karno pun Kokoh Berdiri, Siapa Sangka Pria Rusia Inilah yang Jadi Dalang Semuanya, Poles Wajah Indonesia Jadi Negara Paling Disegani Seantero Asia Tenggara

Dana juga akan disalurkan ke Timor dan Palang Merah Australia serta organisasi non-pemerintah lainnya untuk membantu upaya pemulihan banjir, dan ke Program Pangan Dunia untuk mengatasi kekurangan pasokan makanan.

Namun, tak sampai setengah hari usai gelontorkan batuan, kota Kalbarri di Australia Barat telah mengalami kerusakan yang meluas akibat topan tropis Seroja.

Seroja mendarat di selatan kota, sekitar jam 8 malam pada hari Minggu, sebagai badai kategori tiga dengan hembusan angin hingga 170km / jam.

Kalbarri, kota wisata populer yang terletak 580 km di utara Perth, adalah rumah bagi sekitar 1.400 orang.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste Pernah Dijajah Portugis Ratusan Tahun, saat Ada Kesempatan Merdeka Justru Rakyatnya Terpecah Belah, Termasuk Ingin Bergabung dengan Indonesia