Find Us On Social Media :

Buntuti Indonesia dan Vietnam sebagai Militer Paling Kuat di Asia Tenggara, Ternyata Thailand Juga Satu-satunya Negara ASEAN yang Tak Pernah Dijajah, Apa Rahasianya?

By Khaerunisa, Rabu, 7 April 2021 | 15:35 WIB

Raja Chulalongkorn (Rama V), Raja Siam, sekarang Thaikand. (Ilustrasi) Buntuti Indonesia dan Vietnam sebagai Militer Paling Kuat di Asia Tenggara, Ternyata Thailand Juga Satu-satunya Negara ASEAN yang Tak Pernah Dijajah padahal Terhimpit Negara Jajahan Prancis dan Inggris, Apa Rahasianya?

Intisari-Online.com - Menurut Global Firepower 2021, Thailand merupakan salah satu pemilik militer paling kuat di Asia Tenggara.

Total kekuatan militer Thailand menempati peringkat ke-3 di Asia Tenggara, membuntuti Indonesia dan Vietnam.

Indonesia di peringkat pertama mencatatkan skor Power Index 0.2684 dan Vietnam di peringkat kedua mencatatkan skor 0.4189 (skor 0,0000 dianggap 'sempurna'). Sementara skor Power Index Thailand adalah 0.4427.

Globel Firepower mengklaim menyusun peringkat kekuatan militer dunia dengan menggunakan lebih dari 50 faktor individu untuk menentukan skor Power Index suatu negara dengan kategori mulai dari kekuatan militer dan keuangan hingga kemampuan logistik dan geografi.

Baca Juga: Indonesia Militer Paling Kuat di Asia Tenggara, Berikut Selengkapnya Peringkat Kekuatan Militer Wilayah Ini

Berurutan di bawah ketiga negara tersebut dalam peringkat kekuatan militer Asia Tenggara yaitu Myanmar, Singapura, Malaysia, Filipina, Kamboja, dan terakhir Laos.

Salah satu pemilik militer paling kuat di Asia Tenggara, Thailand sendiri merupakan negara berbentuk Monarki Konstitusional, Kerajaan Thailand berada di tengah-tengah semenanjung Indo-China.

Di bagian utara, Thailand berbatasan dengan Myanmar dan Laos. Sedangkan di bagian selatan berbatasan dengan Malaysia. Ibu kota Kerajaan Thailand adalah Bangkok, yang terletak di bagian tengah.

Ada fakta unik tentang negara ini yang mungkin tak banyak diketahui, yaitu bahwa Thailand merupakan satu-satunya negara ASEAN yang tidak pernah dijajah. Tentu itu tidak terjadi begitu saja, apa rahasianya?