Find Us On Social Media :

Daimler Reitwagen Cikal Bakal Mobil, Ternyata Jok Sepeda Motor Pertama di Dunia Ini sempat Terbakar saat Uji Cobanya

By Khaerunisa, Kamis, 18 Maret 2021 | 14:00 WIB

Daimler Reitwagen Cikal Bakal Mobil, Jok Sepeda Motor Pertama di Dunia Ini sempat Terbakar saat Uji Cobanya

Intisari-Online.com - Daimler Reitwagen, sepeda motor pertama di dunia yang dibuat oleh penemu Jerman bernama Gottlieb Daimler dan Wilhem Maybech.

Ia diperkenalkan Jerman pada 10 November 1885, atau sekitar 136 tahun yang lalu.

Setelah pembuatannya, Daimler dan Maybech tidak kembali ke konstruksi sepeda motor lagi, melainkan beralih ke produksi mobil.

Daimler akhirnya memproduksi dan membangun mesin dan unit tenaga, dan kemudian mulai merancang dan membangun mobil awal.

Baca Juga: Bersama Gottlieb Daimler Buat Sepeda Motor Pertama di Dunia, Inilah Sosok Wilhelm Maybach yang Dijuluki sebagai 'Raja Desainer'

Reitwagen-nya adalah satu-satunya proyek sepeda motornya. Namun, keberhasilan Daimler Reitwagen ini mengarah ke produksi mobil setahun kemudian.

Sehingga, bagaimanapun, Daimler Reitwagen adalah kendaraan pertama yang menampilkan mesin pembakaran internal berkecepatan tinggi, menjadikannya pendahulu langsung dari mobil.

Gottlieb Daimler dan Carl Benz (dari ketenaran Mercedes-Benz) kemudian dikenal sebagai penemu mobil, yang mana tanggal 29 Januari 1886, dianggap sebagai hari lahir mobil pertama.

Dapat dikatakan, pengembangan mesin sepeda motor pertama di dunia tersebut merupakan cikal bakal konstruksi mobil, namun rupanya saat uji coba pertama sempat terjadi kebakaran di jok motor.