Find Us On Social Media :

China Ngotot Klaim 90 Persen Wilayah Laut China Selatan hingga Bersengketa dengan Banyak Negara, Rupanya Ada Alasan Ini di Baliknya

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 12 Maret 2021 | 12:09 WIB

Xi Jinping dan PLA. dengan tidak adanya penerus yang akan memimpin China, apakah Xi Jinping akan menjadi presiden China seumur hidup?

Intisari-Online.com - Seorang ahli meyakini bahwa ada tiga alasan mengapa China begitu "gigih" mengklaim hampir seluruh perairan Laut China Selatan.

Perairan ini memotong Brunei Darussalam, Kamboja, China, Indonesia, Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam bahkan Singapura.

China sendiri mengklaim memiliki sekitar 90% wilayah perairan, seluas sekitar 3,5 juta kilometer persegi.

Seorang ilmuwan dari Sasakawa Peace Foundation yang berbasis di Tokyo, Jepang, Bonji Ohara, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa Laut China Selatan adalah kunci keamanan China.

Baca Juga: Jalan Keluar Ditembok Hingga Sulit Keluar Rumah, Ini Aturan Hukum tentang Tanah Helikopter yang Bisa 'Dimanfaatkan' 4 Keluarga di Yogyakarta

Melansir Anadolu Agency, Ohara mengatakan ada tiga alasan mengapa China getol mengeklaim hampir seluruh perairan Laut China Selatan.

Pertama, Laut China Selatan penting untuk patroli strategis kapal selam rudal balistik nuklir.

Akses tersebut diperlukan untuk dapat memasuki Samudra Pasifik guna pencegahan terhadap invasi nuklir AS.

Kedua, Laut China Selatan akan berfungsi sebagai zona penyangga bagi China jika AS melakukan serangan militer terhadap China daratan.

Baca Juga: Apakah Serangan Gelombang Ketiga Direncanakan di Pearl Harbor? Rupanya Jepang Kaget Ketika Tak Temukan Kapal Induk Lain di Tempat Itu Bikin Mereka Tarik Mundur Lagi Pasukannya