Find Us On Social Media :

Bikin China Geram, Jeram Kirimkan Kapal Perang Pertama Sejak 2002, ke Laut China Selatan Seiring Meningkatnya Ketegangan di Wilayah Sengketa Tersebut

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 5 Maret 2021 | 08:00 WIB

China geram karena Jerman mengirimkan kapal perangnya ke Laut China Selatan.

Intisari-Online.com – Kawasan Laut China Selatan hingga kini masih saja menjadi sengketa.

China mengklaim bahwa itu masuk menjadi wilayahnya, sementara negara lain seperti Brunei dan Malaysia pun mengklam bahwa Laut China Selatan menjadi bagian dari negara mereka.

Situasi di kawasan tersebut pun semakin memanas, ditambah lagi ketika Jerman akan mengirimkan kapal perangnya ke wilayah yang menjadi sengketa.

China telah mengeluarkan peringatan kepada Jerman setelah negara Eropa tersebut mengumumkan rencananya untuk mengirim kapal perang ke Laut China Selatan musim panas ini.

Baca Juga: China yang Salah Tapi Disebut Pakar Bak Makan Buah Simalakama: Hanya Akan Merusak dan Rugikan Taiwan Sendiri, Salah Satu Opsi Malah Seperti Bunuh Diri

Langkah Jerman dilakukan seiring meningkatnya ketegangan di wilayah yang disengketakan tersebut.

Express.co.uk memberitakan, para pejabat mengatakan pada Selasa (2/3/2021), kapal itu akan menjadi kapal perang Jerman pertama yang menyeberangi Laut China Selatan sejak 2002. 

China pun geram. Menanggapi hal ini, Wang Wenbin, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, mengatakan, "Ini tidak boleh digunakan sebagai alasan untuk membahayakan kedaulatan dan keamanan negara-negara pesisir."

Pada hari Selasa, tetangga China, Taiwan, memulai tes pertama dari enam uji coba rudal jelajah.

Baca Juga: Mencak-Mencak Presiden Filipina Sesumbar Akan Usir Amerika dari Negaranya Jika Lakukan Hal Ini, Sebaliknya Justru Puji China Setinggi Langit Meski Dimusuhi Banyak Negara