Find Us On Social Media :

Jadi Perintah Serangan Pertamanya Setelah Menjabat, Serangan AS di Suriah Arahan Joe Biden Rupanya Gunakan Bom Presisi Seberat 500 Pon, Apa Keunggulannya?

By Maymunah Nasution, Jumat, 26 Februari 2021 | 18:25 WIB

Militer AS menyerang lokasi pangkalan milisi dukungan Iran di timur Suriah berdekatan dengan Irak

Intisari-online.com - Joe Biden resmi keluarkan perintah menyerang Suriah pada Kamis malam waktu setempat (25/2/2021).

Serangan itu dilakukan untuk menyerang fasilitas milisi di Suriah yang didukung Iran.

Dalam serangan itu AS gunakan bom presisi seberat 500 pon.

Melansir Politico pada Kamis (25/2/2021), juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan bahwa Joe Biden memilih opsi penyerangan tingkat menengah dari sejumlah opsi yang diajukan oleh militer AS dengan perkiraan korban minimum.

Baca Juga: Joe Biden Rupanya Lebih Garang Daripada Donald Trump, Tak Segan Perintahkan Militer AS Gempur Iran Meskipun Hubungan Keduanya Dipertaruhkan

Pejabat senior pertahanan itu mengatakan bahwa jet tempur AS meluncurkan 7 bom presisi dengan masa 500 pon ke 7 target, dalam operasi serangan udara tersebut, seperti yang dikutip dari Politico.

Sejauh ini Pentagon belum merilis detail senjata dan biaya yang dipakai dalam operasi, yang merupakan balasan atas serangan roket Irak terhadap militer AS di Bandara Internasional Erbil di wilayah yang dikelola Kurdi pada 15 Februari.

Namun sebagai gambaran, bom presisi 500 pon itu masuk dalam kategori bom seri Mark 82 (Mk 82) buatan AS.

Dengan berat 500 pon, bom Mark 82 itu memiliki panjang 2,2 meter dan diameter 273 milimeter.

Baca Juga: Kisahnya Melegenda Setelah Digantung di Depan Ribuan Rakyat Suriah, Agen Top Mossad Eli Cohen Tiba-tiba 'Hidup Kembali' Setelah Rusia Putar Rekamannya saat Berkeliaran di Damaskus