Find Us On Social Media :

16 Tahun Ditempati, Baru Kali Lantai Rumah Tiba-tiba Amblas, Ternyata Ada Fenomena 'Sinkhole' di Seluruh Penjuru Dunia hingga yang 30 Meter Lebar Lubangnya

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 20 Februari 2021 | 09:10 WIB

Sinkhole

Intisari-Online.com - Peristiwa menghebohkan terjadi di rumah seorang warga di Desa Traji, Parakan, Temanggung, Jawa Tengah.

Ruang tamu dan ruang keluarga rumah milik Supadiyo itu tiba-tiba ambles dan berlubang, Rabu (17/2/2021). Terpaksa keluarga yang menempati rumah pun harus mengungsi.

Rupanya setelah diteliti, ada saluran irigasi yang mengairi sawah, di bawah lantai rumah tersebut.

Sang pemilik Supadiyo mengaku, sejak tinggal di tempat itu mulai tahun 2004, peristiwa lantai rumah ambles baru pertama dialaminya.

Baca Juga: Kesaksian Korban yang Diselamatkan dari Bunuh Diri di Hutan 'Bunuh Diri' Aokihara Jepang: 'Lokasi yang Sempurna untuk Mati'

"Berjalannya waktu selama 16 tahun (ditempati), ada kejadian ini. Kalau air masuk sering, ambles baru kali ini," kata dia.

"Setelah kita teliti memang ada saluran irigasi yang di dalam rumah tersebut mengaliri sawah ke Desa Traji dan sekitarnya," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung Dwi Sukarmei.

Diduga, lantai tanah ambles karena buis beton gorong-gorong tidak kuat menahan beban di atasnya.

Terlepas dari kejadian di atas, biasanya kejadian serupa di mana Bumi runtuh dengan sendirinya lalu menyedot segala sesuatu di atasnya disebut sebagai sinkhole.

Baca Juga: Temui Miyamoto Musashi, Samurai Terbesar Jepang Sepanjang Masa yang Legendaris dengan Gaya Dua Pedangnya, Usia 13 Tahun Sudah 'Cabe Rawit'