Find Us On Social Media :

'Battle of Timor' Sejarah Timor Leste dalam Perang Dunia II, Ini Dramatisnya Proses Evakuasi Pasukan Sekutu dari Pulau Timor saat Kewalahan Menghadapi Gempuran Jepang

By Khaerunisa, Senin, 15 Februari 2021 | 15:45 WIB

Kapal Hr. Tjerk Hiddes. (Ilustrasi) 'Battle for Timor' Sejarah Timor Leste dalam Perang Dunia II, Ini Dramatisnya Proses Evakuasi Pasukan Sekutu dari Pulau Timor saat Kewalahan Menghadapi Gempuran Jepang

Intisari-Online.com - 'Battle of Timor' merupakan salah satu peristiwa dalam sejarah Timor Leste di sekitar Perang Dunia II.

Itu adalah pertempuran antara pasukan sekutu dan pasukan Jepang di Pulau Timor, yang berakhir dengan kemenangan pasukan Jepang.

Pasukan sekutu dipaksa mundur dari Pulau Timor dan membiarkan pasukan Jepang menguasai pulau itu hingga berakhirnya Perang Dunia II dengan kemenangan pasukan sekutu.

Dari tahun 1942 hingga 1945, Timor Leste pun berada di bawah kekuasaan Jepang.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste: Terjadinya 'Battle for Timor', Ketika Pasukan Jepang Menyerbu hingga Menguasai Pulau Timor dalam Perang Dunia II Pada 20 Februari 1942, pasukan Jepang menyerbu Timor Portugis dan Timor Belanda (Pulau Timor).

Aksi pasukan Jepang itu ditanggapi oleh perlawanan pasukan kecil personel militer sekutu yang dikenal sebagai Sparrow Force.

Pasukan sekutu tersebut terutama dari Australia, Inggris Raya, dan Hindia Belanda.

Meski sempat melakukan perlawanan, pada akhir tahun 1942, pihak sekutu terpaksa mengevakuasi pasukannya dari pulai itu, seperti apa?