Find Us On Social Media :

Tidak Ada Lagi Arab Saudi, Ini Daftar Terbaru 5 Besar Militer Paling Kaya di Dunia

By Khaerunisa, Rabu, 10 Februari 2021 | 18:15 WIB

(ilustrasi) militer paling kaya di dunia

Intisari-Online.com - Statistik kekuatan militer dunia terbaru 2021 telah dirilis Global Firepower, yang salah satunya menunjukkan bahwa kini Arab Saudi tidak lagi termasuk 5 besar militer paling kaya di dunia.

Sebelumnya, Arab Saudi termasuk 5 besar militer paling kaya di dunia, dengan anggaran pertahanan pada tahun 2020 sebesar 67,6 miliar dolar AS.

Besarnya anggaran pertahanan Arab Saudi tersebut hanya berada di bawah AS dan China.

Sementara data terbaru menunjukkan bahwa kini Arab Saudi menganggarkan nominal yang lebih sedikit, yaitu sebesar 48,5 miliar dolar AS.

Baca Juga: Jadi 'Wajah Baru' dalam 10 Besar Militer Paling Kuat di Dunia, Seperti Ini Kekuatan Militer yang Dimiliki Pakistan

Meski, dengan anggaran tersebut, Arab Saudi memang masih berada di papan atas militer paling kaya, yaitu di peringkat ke-7.

Soal pengurangan anggaran pertahanan, Arab Saudi diketahui telah melakukannya dalam beberapa tahun terakhir.

Mengutip Defense & Security Monitor (9/12/2019), pemerintah Arab Saudi telah memangkas pengeluaran pertahanannya hampir setiap tahun sejak Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud mengambil alih pada 2015.

"Anggaran Saudi berada di bawah tekanan turun dari penurunan harga energi. Penjualan minyak menghasilkan sebagian besar pendapatan anggaran", menurut Defense & Security Monitor.