Find Us On Social Media :

Jadi 'Wajah Baru' dalam 10 Besar Militer Paling Kuat di Dunia, Seperti Ini Kekuatan Militer yang Dimiliki Pakistan

By Khaerunisa, Senin, 8 Februari 2021 | 21:10 WIB

ilustrasi militer paling kuat di dunia

Intisari-Online.com - Dalam daftar 10 besar militer paling kuat di dunia terbaru menurut Global Firepower, rupanya ada 'wajah' baru, yaitu Pakistan.

Pakistan yang sebelumnya menempati peringkat ke-15, kini melesat naik ke peringkat ke-10.

Kekuatan militer negara tersebut juga tercatat menunjukkan 'panah hijau', menjadi satu-satunya di antara 10 besar militer paling kuat di dunia tahun 2021 yang dianggap mengalami perbandingan tren tahunan 'naik'.

Sementara, 9 negara lainnya hanya mencatatkan perbandingan tren tahunan 'netral'.

Baca Juga: Pasukan Khusus Wanita Pertama di Dunia, Jegertroppen Norwegia, Jalani Pelatihan yang Keras dari Jelajahi Hutan Belantara hingga Berperang

Global Firepower 2021 menyusun peringkat kekuatan militer dunia dari 139 negara di dunia.

Dikatakan, peringkat GFP diselesaikan menggunakan lebih dari 50 faktor untuk menentukan skor Indeks Kekuatan suatu negara (‘PwrIndx’), dengan kategori mulai dari kekuatan militer dan keuangan hingga kemampuan logistik dan geografi.

GFP mengklaim formula in-house unik yang dimilikinya memungkinkan negara-negara yang lebih kecil, lebih berteknologi maju, untuk bersaing dengan yang lebih besar, kurang berkembang dan pengubah khusus, dalam bentuk bonus dan penalti, diterapkan untuk lebih menyempurnakan daftar tahunan.

Naiknya peringkat kekuatan militer Pakistan memberikan sedikit perubahan dalam susunan 10 besar militer paling kuat di dunia dibanding tahun lalu.