Find Us On Social Media :

Permulaan Konflik Indonesia-Belanda selama 4 Tahun, Ini Cara Belanda Datang ke Indonesia di Awal Kemerdekaan RI

By Khaerunisa, Rabu, 10 Februari 2021 | 15:35 WIB

Iring-iringan tentara saat Agresi Militer Belanda I pada 1947. (ilustrasi) Permulaan Konflik Indonesia-Belanda selama 4 Tahun, Ini Cara Belanda Datang ke Indonesia di Awal Kemerdekaan RI

Intisari-Online.com - Konflik Indonesia-Belanda sebelum terjadi pengakuan kedaulatan, setidaknya terjadi selama 4 tahun.

Meski Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, rupanya tidak menghentikan keinginan Belanda untuk kembali menguasai Indonesia.

Pasukan Belanda datang kembali ke Indonesia pada bulan September 1945, tak lama setelah proklamasi kemerdekaan dikumandangkan.

Akibatnya, terjadi perlawanan di berbagai daerah di Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Harus Menanggung Utang Pemerintah Hindia Belanda, 'Tumbal' untuk Pengakuan Kedaulatan 1949, Segini Besarnya!

Pertempuran fisik maupun upaya diplomasi kemudian dilakukan untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Konflik Indonesia-Belanda sendiri pada akhirnya diselesaikan melalui Konferensi Meja Bundar (KMB), di mana Belanda setuju untuk mengakui kedaulatan Indonesia.

Peristiwa itu dikenal sebagai pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda, yang menjadi puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.

Namun, bagaimana pasukan Belanda datang kembali ke tanah air setelah meninggalkan Indonesia pada 1942?