Find Us On Social Media :

Hanya Gara-gara Ember, 2 Pasukan Ini Berperang dan Libatkan Ribuan Infanteri serta Penunggang Kuda, 2.000 Orang Jadi Korban

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 9 Februari 2021 | 15:33 WIB

Ember curian di dalam Menara Ghirlandina

Intisari-Online.com - Perang dilakukan karena berbagai alasan: keamanan ekonomi, kekuasaan, balas dendam, politik, aliansi internasional.

Daftar ini hampir tidak ada habisnya dan terkadang masih menyertakan konflik antara individu yang tidak menyukai satu sama lain.

Namun ada perang yang disebut “Perang Ember” antara negara-kota Modena dan Bologna di Italia.

Nama perang bukanlah kode untuk beberapa gerakan politik atau julukan beberapa pangeran.

Baca Juga: Buntung Bagi China Bisa Jadi Untung Bagi Negara Miskin, Pandemi Covid-19 Ternyata Merusak Rencana China Untuk Selelsaikan Proyek Ambisiusnya Ini

Mereka benar-benar memperebutkan ember.

Selama abad ke-12, 13, dan 14, kekuatan Eropa bertempur dalam dan mematikan serangkaian perang yang dikenal sebagai Perang Guelph dan Ghibelline.

Perang-perang ini adalah bagian dari perjuangan antara Gereja Katolik dan sejumlah keluarga kerajaan sekuler yang dikenal sebagai Kontroversi Penobatan.

Yang dipertaruhkan adalah kekuatan raja atau penguasa lokal untuk menunjuk atau "menginvestasikan" para pemimpin gereja lokal, seperti uskup dan kepala biara.

Baca Juga: Termasuk Peralatan Bekas Medis Hingga Sisa Organ Tubuh Manusia dari Operasi, Dimanakah Sebenarnya Limbah Medis Dibuang?