Find Us On Social Media :

Temuan Tim WHO Sejalan dengan Kemungkinan Virus Corona Lolos dari Laboratorium di Wuhan, Data-data yang Selama Ini Disembunyikan China Terkuak

By Maymunah Nasution, Rabu, 3 Februari 2021 | 15:44 WIB

Gambar para peneliti dalam laboratorium Wuhan.

Intisari-online.com - Tim WHO yang dikirim ke Wuhan untuk menelusuri asal-usul virus Corona telah mendapatkan beberapa hasil.

Mereka mengatakan hasil yang didapat membuat mereka optimis.

Pasalnya, data yang didapat belum pernah dilihat oleh siapa pun sebelumnya.

Serta, masih sejalan dengan kemungkinan jika virus telah lolos dari laboratorium di Wuhan.

Baca Juga: Penyelidikan Covid-19 oleh Tim WHO Dimulai, di Wuhan Mereka Akan Kunjungi Tempat-tempat Ini

Dr Peter Daszak, bagian dari misi WHO yang sedang berjalan, mengatakan kepada Sky News: "Kami melihat informasi baru dan itu bagus, hal yang sangat berharga mulai membantu kami melihat arah yang benar untuk virus ini."

Dalam wawancara pertamanya dengan penyiar Inggris sejak tiba di China, Dr Daszak, yang merupakan presiden dari EcoHealth Alliance, sebuah LSM, mengatakan bahwa kunjungan ke Wuhan memberikan informasi berharga, terutama pasar makanan laut Huanan, tempat kasus Covid-19 pertama ditemukan.

"Kami berada di pasar, melihat-lihat sendiri dan mengajukan pertanyaan, kami bertemu dengan manajer pasar, dengan vendor yang bekerja di sana dan orang-orang dari komunitas dan mengajukan pertanyaan kepada mereka," jelasnya.

Dia menambahkan, "Kami berbicara dengan orang yang mengumpulkan sampel dari pasar yang kemudian dinyatakan positif.

Baca Juga: Setahun Berlalu, Misteri Menyebarnya Covid-19 Akhirnya Mulai Terkuak, Penduduk Wuhan Mengaku Dibungkam oleh Pemerintah China, Begini Pengakuanya