Find Us On Social Media :

Temuan Mengejutkan Ilmuwan, Sampel Patogen Virus Corona Sudah Ada di Tahun 2010 Lalu, Sumbernya Mungkin Lebih Dekat dengan Indonesia Dari yang Kita Semua Duga

By Maymunah Nasution, Jumat, 29 Januari 2021 | 11:55 WIB

Hewan pembawa virus seperti kelelawar dan luwak dikurung di kandang kotor

Intisari-online.com - Asal usul virus Corona sampai saat ini masih menjadi isu panas.

Banyak ilmuwan yang mempelajari patogen penyebab pandemi Covid-19 ini seiring dengan mempelajari mengenai vaksin virus Corona.

WHO telah mengirimkan tim investigasi untuk menyelidiki asal virus Corona di China.

Sementara itu, sebuah laboratorium di Kamboja juga telah menemukan kemiripan patogen di sampel yang telah disimpan dalam lemari pendingin selama hampir 10 tahun ini.

Baca Juga: Dicecar Amerika di Depan WHO, China Tak Berkutik Lagi Saat Dituduh Tutupi Awal Mula Penyebaran Virus Corona, 'Kalau Tidak Benar Ngapain Takut?'

Dilaporkan dari South China Morning Post, dua virus ditemukan di dalam sampel tersebut, diambil dari kelelawar tapal kuda yang ada di timur laut Kamboja tahun 2010.

Penemuan itu diidentifikasi dalam rilis penelitian Selasa lalu dengan hasilnya sebesar 92.6% kemiripan dengan virus Corona penyebab Covid-19, Sars-CoV-2.

Ini adalah patogen paling mirip yang ditemukan di luar China dan menambah informasi baru mengenai investigasi dari mana patogen mengerikan ini berasal.

Kemiripan genom virus paling mirip dengan virus Sars-CoV-2 ditemukan di barat daya provinsi Yunnan, China.

Baca Juga: Setahun Berlalu, Misteri Menyebarnya Covid-19 Akhirnya Mulai Terkuak, Penduduk Wuhan Mengaku Dibungkam oleh Pemerintah China, Begini Pengakuanya