Find Us On Social Media :

Prasasti Batu Bertuliskan Yunani 'Kristus, Lahir dari Maria' Berusia 1.500 Tahun Ditemukan di Israel

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 28 Januari 2021 | 12:05 WIB

Prasasti batu bertuliskan 'Kristus lahir dari Maria' berusia 1.500 tahun ditemukan di Israel.

Intisari-Online.com – Sebuah prasasti batu Yunani ditemukan berasal dari 1.500 tahun lalu, bertuliskan kalimat ‘Kristus lahir dari Maria’.

Para arkeolog menemukan prasasti tersebut pada Rabu (20/1/2021), demikian menurut Otoritas Barang Antik Israel (IAA).

Prasasti batu, yang ditulis dalam bahasa Yunani, dulunya adalah bagian dari ambang pintu yang menghiasi pintu masuk sebuah gereja.

Gereja tersebut terletak di tempat yang sekarang disebut et-Taiyiba (juga disebut Taiba), sebuah desa di Lembah Yizreel utara Israel.

Baca Juga: Batu Prasasti Keraton Agung Sejagat Rupanya Tidak Ada Istimewa-Istimewanya, Desainnya Bahkan Dibuat Dengan Cara Semudah Ini

Gereja itu sendiri berasal dari akhir abad kelima Masehi, yang berarti mungkin telah dibangun selama Kekaisaran Bizantium.

Selain ambang pintu, para arkeolog menemukan bahwa gereja yang sebelumnya tidak dikenal ini,  memiliki trotoar mosaik yang disusun dalam desain geometris.

Prasasti tersebut kemungkinan dibuat untuk pembukaan gereja, demikian menurut Leah Di-Segni, seorang peneliti di Institute of Archaeology of Hebrew University of Jerusalem, yang menerjemahkan teks tersebut.

Secara lengkap, prasasti batu itu berbunyi, "Kristus lahir dari Maria. Karya uskup (Theodo)sius yang paling bertakwa dan saleh ini dan (Thomas) yang sengsara ini dibangun dari fondasi.  Siapa pun yang masuk harus berdoa untuk mereka."

Baca Juga: Cerita Mistis Di Balik Batu Sakral yang Dijadikan Prasasati Kerajaan Agung Sejagat di Purworejo, Konon Bukan Batu Sembarangan, Diklaim Berasal dari Majapahit