Find Us On Social Media :

Batu Prasasti Keraton Agung Sejagat Rupanya Tidak Ada Istimewa-Istimewanya, Desainnya Bahkan Dibuat Dengan Cara Semudah Ini

By Maymunah Nasution, Jumat, 24 Januari 2020 | 15:30 WIB

Batu Prasasti Keraton Agung Sejagat yang buat anak-anak kecil ketakutan ternyata dibuat oleh sosok ini

Intisari-online.com - Misteri batu prasasti yang terdapat di Keraton Agung Sejagat di Desa Pogung, Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo akhirnya terungkap.

Batu prasasti yang sebelumnya disebut-sebut diukir oleh seorang pemahat bernama Empu Wijoyo Guno ini bukanlah batu bersejarah.

Dilansir dari Kompas.com, batu berukuran 1,5 meter itu sebenarnya hanya sebuah batu biasa yang digunakan sebagai penanda bahwa di lokasi tersebut telah berdiri Keraton Agung Sejagat.

Kepala Budang Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iskansar Fitriana mengatakan, hal itu diketahui dari penelitian yang dilakukan ahli.

Baca Juga: Imlek 2020 Di Depan Mata, Ucapi Teman Terdekat Dengan Salah Satu Daftar Ucapan dan Kartu Bergambar Ini: Dapat Digunakan Jadi Status Facebook, Twitter dan WhatsApp

"Ya bisa dicek kok kalau palsu.

"Batunya itu diambil dari lereng gunung karena dari beberapa batu yang sebelumnya kita temukan mempunyai kontur batu sama yang seakan-akan dinyatakan sebagai batu bersejarah," jelas Iskandar di Mapolda Jateng, Kamis (23/1/2020).

Desain ukiran gambar pada batu prasasti tersebut juga ternyata diambil oleh Raja Keraton Agung Sejagat Toto Santoso dari internet, untuk selanjutnya dikerjakan oleh pemahat batu atas pesanan Toto.

"Toto mengakui bahwa ukiran tersebut memang dijiplak dari internet. Ia menggabungkan beberapa simbol agar batu itu seolah-olah batu temuan bersejarah," kata Iskandar.

Baca Juga: Jual Kuliner Ekstrem yang Bisa Jadi Sumber Penyebaran Virus Corona, Pasar Tomohon di Sulawesi Jadi Sorotan karena Punya Kesamaan dengan Pasar Ekstrem di China Ini