Find Us On Social Media :

Bentrok Terjadi Lagi, Masalah Perbatasan Masih Buntu, Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan India yang Terbaru

By Khaerunisa, Rabu, 27 Januari 2021 | 13:40 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer China dan India

Intisari-Online.com - Seperti apa perbandingan kekuatan militer China dan India? Dua negara ini terlibat sengketa perbatasan yang berkepanjangan.

Sudah lebih dari setengah abad China dan India terlibat konflik perbatasan.

Pada Minggu (24/1/2021), China dan India menggelar pembicaraan tingkat komandan korp, yang berjalan selama 16,5 jam.

Pembicaraan tersebut dimulai pada minggu sekitar pukul 10.30 hingga Senin sekitar pukul 02.30 waktu setempat.

Baca Juga: Apakah Angkatan Darat China Dikacaukan oleh Kendaraan Militernya Sendiri yang Jelek? Rumor Sebut Kendaraan Dongfeng Gagal Lindungi Tentara China

Pembicaraan putaran ke-9 dari tingkat komandan korps yang diadakan hampir 3 bulan setelah yang terakhir pada 6 November itu tetap berakhir dengan kebuntuan.

Namun, mengutip bussinesinsider.in (25/1/2021), kedua negara telah sepakat untuk menjaga dialog dan komunikasi melalui saluran militer dan diplomatik, dan melanjutkan diskusi, mendorong penyelesaian lainnya.

Sengketa perbatasan China dan India pertama kali berkobar saat kunjungan perdana menteri pertama India, Jawaharlal Nehru, ke Beijing pada 1959.

Nehru mempertanyakan batas-batas yang ditunjukkan pada peta resmi China, mendorong Perdana Menteri China Zhou Enlai untuk menjawab bahwa pemerintahnya tidak menerima perbatasan kolonial yang diwariskan Inggris.