Find Us On Social Media :

Kisah ‘Ibu’ Mandelbaum, Bos Wanita Kriminal Paling Cerdas di New York, Menjamu Tamunya dengan Barang Mewah Curian

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 26 Januari 2021 | 13:00 WIB

'Ibu' Mandelbaum, ujung paling kanan, bersama tamunya yang adalah para pencuri.

Intisari-Online.com – Fredericka Mandelbaum datang ke Amerika pada tahun 1850 dengan hanya membawa sedikit pakaian yang dia kenakan.

Dia pindah ke daerah kumuh Manhattan, bekerja keras, berinvestasi dengan cerdik, dan, mendapatkan julukan "Ibu," membangun bisnis bernilai jutaan dolar.

Kisah ibu Mandelbaum dari kain menjadi kaya akan benar-benar inspiratif kecuali fakta bahwa dia menghasilkan jutaan dolar dengan membeli dan menjual barang curian.

Ibu Mandelbaum, dalam istilah dunia bawah, adalah pagar, "pagar paling cerdas di Amerika," menurut Brooklyn Eagle.

Baca Juga: Tepat Lima Tahun Berselang, Masih Ingatkah Anda dengan Kopi Sianida Pesanan Jessica yang Menewaskan Mirna dan Membuat Pelakunya Menjalani Vonis 20 Tahun Penjara

The New York Times melangkah lebih jauh, pada tahun 1884 memberi label Mandelbaum sebagai "inti dan pusat dari seluruh organisasi kejahatan di New York."

Mandelbaum bertubuh besar, berdiri hampir 183 cm dan beratnya lebih dari 113,4 kg.

Dia berpakaian konservatif, dengan pakaian gelap dari sutra atau wol terbaik, rambut hitam diikat menjadi sanggul dan diatapi dengan topi khasnya, topi hitam berhiaskan bulu.

Dia ingin terlihat seperti wanita karena, seperti yang sering dia katakan, "dibutuhkan otak untuk menjadi wanita sejati".

Baca Juga: Demi Musnahkan 1 Orang, Geng Narkoba Meksiko Ini Nekat Berondond 1 Mobil dengan 50 Tembahan, Tetapi yang Terjadi Justru di Luar Dugaan