Find Us On Social Media :

Melonjak Pesat, Kepemimpinan Kim Jong-un Buat Warganya Jadi Kriminal? Simak Bagaimana Keadaan Kamp Penjara di Korea Utara Ini

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 14 Oktober 2020 | 15:09 WIB

Kim Jong-un

Intisari-Online.com - Di tiga generasi keluarga Kim (Kim Il Sung, Kim Jong Il, dan Kim Jong Un), kamp penjara politik telah memainkan peran kunci dalam mengunci dan memantau warga Korea Utara yang menentang rezim dan ideologinya.

Perubahan apa yang terjadi sejak Kim Jong Un berkuasa?

Menurut beberapa sumber Daily NK, jumlah narapidana telah meningkat secara substansial dibandingkan sebelumnya.

Sementara sekitar 130.000 orang ditahan di kamp-kamp penjara yang dikelola oleh Kementerian Keamanan Negara pada tahun 2012, jumlahnya dilaporkan mencapai 160.000 pada Maret 2020.

Baca Juga: Cuma Gunakan Madu atau Buah Pepaya, Begini 10 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati di Wajah Secara Alami, Begini Cara Membuatnya

Artinya, populasi tahanan negara itu telah tumbuh sekitar 30.000 selama delapan tahun Kim di kekuasaan.

Jumlah tahanan yang ditahan di fasilitas tertentu diyakini 43.000 di Kamp No. 14 (di Kaechon, Provinsi Pyongan Selatan); 55.000 di Kamp No. 15 (di Yodok, Provinsi Hamgyong Selatan); 24.000 di Kamp No. 16 (di Hwasong, Provinsi Hamgyong Utara); dan, 25.000 di Kamp No. 25 (di Chongjin, Provinsi Hamgyong Utara).

Sementara jumlah narapidana yang ditahan di fasilitas Chongjin pada awalnya cukup rendah, angka itu diyakini melonjak pada Oktober tahun lalu.

"Jumlahnya tiba-tiba melonjak, dengan 150 narapidana berdesakan di kamar yang dirancang untuk 50 orang," kata seorang sumber di negara itu kepada Daily NK baru-baru ini.

Baca Juga: Gemetar dan Ketakutan Saat Jadi Buronan TNI, Beginilah Kondisi Pemimpin KBB Timor Leste Xanana Gusmao saat Ditangkap, Mendekam di Balik Lemari