Find Us On Social Media :

Ular Laut Ini Panjangnya Capai 7 Meter: Bisakah Oarfish Raksasa yang Lembek dan Lengket Memprediksi Gempa Bumi?

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 24 Januari 2021 | 16:37 WIB

Prajurit Amerika Serikat yang memegang oarfish raksasa setinggi 7 m, ditemukan terdampar di pantai dekat San Diego, California, pada bulan September 1996.

Intisari-Online.com - Oarfish adalah makhluk misterius.

Hidup di kedalaman dari 15 hingga 1.000 meter di bawah permukaan laut, sedikit yang diketahui tentang ikan yang telah tenggelam dalam legenda sebagai ular laut.

Oarfish raksasa adalah ikan bertulang terpanjang di dunia, dengan penampakan dari ketinggian 4 meter ke atas.

Menurut Livescience, oarfish raksasa terbesar yang pernah ditemukan berukuran 36 meter.

Baca Juga: Simpanannya Dinikahi Putranya Sendiri, Raja Mataram Langsung Minta Sang Pangeran Membunuh Sang Pujaan dengan Tangannya Sendiri

Di Jepang, oarfish yang ramping, sepupu yang lebih kecil dari rekan raksasanya, hadir dengan legendanya sendiri.

Disebut "Utusan dari Istana Dewa Laut," oarfish yang kurus dikatakan terdampar di pantai sebelum peristiwa seismik besar seolah-olah untuk memperingatkan orang-orang di daratan tentang bahaya yang akan datang.

Laporan seperti penemuan 20 oarfish yang ditemukan terdampar di pantai Tohoku tepat sebelum gempa bumi dan tsunami melanda tahun 2011, dan para nelayan yang menemukan lusinan oarfish sebelum gempa bumi Chile tahun 2010 tentunya menambah kepercayaan terhadap cerita dari cerita rakyat.

Sepanjang sejarah, terdapat bukti penting namun anekdotal bahwa hewan dapat mendeteksi pergeseran seismik sebelum getaran dirasakan oleh manusia.

Baca Juga: Sempat Dipuja-puji karena Berhasil Kendalikan Pandemi Covid-19, Timor Leste Mendadak Terapkan Lockdown, KBRI Sibuk Pulangkan WNI