Find Us On Social Media :

Selama Ini Jadi Sekutu China Paling Setia China, Pakistan Berang dengan China Sampai Hampir Batalkan Pembangunan 'Murah' China Ini, Sadar Akan Jebakan Utang China?

By Maymunah Nasution, Rabu, 20 Januari 2021 | 09:20 WIB

Jalur kereta api di Pakistan, Pakistan memerlukan pinjaman China untuk memodernisasi jalur kereta api mereka, tapi terjebak dalam jebakan utang China

Intisari-online.com - Program Belt and Road Initiative atau program 'jalur sutra baru' milik China sudah mulai menarik bagi banyak negara.

Salah satu negara yang sudah terlibat banyak adalah Paksitan.

Kedekatan Islamabad dengan Beijing untuk sektor pembangunan tidak dapat ditampik.

Meski begitu, baru-baru ini kedua negara ternyata nyatakan ketidaksetujuan.

Baca Juga: Latihan Gabungan dengan Pakistan Sudah di Depan Mata, Tidak Tanggung-tanggung China Terjunkan Jet J-10C dan J-11B Baru, Seperti Apa Spesifikasinya?

Mengutip Nikkei Asia, China dan Pakistan sedang berada dalam ketidaksepakatan paling serius terkait Belt and Road Initiative.

Hal tersebut sampai buat pertemuan tahunan dua negara, China-Pakistan Economic Corridor (CPEC) diundur.

Komite Kerjasama Gabungan (JCC) adalah badan pembuat keputusan di CPEC.

Menteri Pakistan mengepalai komite itu bersama dengan wakil kepala Komisi Reformasi dan Pengembangan Nasional China untuk perencanaan, pengembangan dan inisiatif istimewa.

Baca Juga: Sering Dianggap Kolonialisme Abad Ke-21 Dengan Diplomasi 'Jebakan Utang', Data Ini Tunjukkan Jika Belt and Road Initiative China Malah Memang Membantu Benua Afrika, Bukan Ambisi Menguasai Dunia