Find Us On Social Media :

Punya Militer Paling Miskin di Dunia, Negara Asia Tenggara Ini Juga Kena 'Jebakan' Utang China, Kekuatan Militernya Bertahan dengan Bantuan Negara Ini yang Justru Berisiko Membuatnya Jadi 'Medan Perang'

By Khaerunisa, Rabu, 16 Desember 2020 | 15:30 WIB

ilustrasi militer paling miskin di dunia

Intisari-Online.com - Rupanya ada negara Asia Tenggara yang punya militer paling miskin di dunia, yaitu Laos.

Laos menempati peringkat kedua militer paling miskin di dunia, di bawah Liberia.

Anggaran belanja pertahanan Laos tahun 2020 hanya sebesar $ 18,5 Juta, sementara Liberia $ 13 Juta.

Selain Laos dan Liberia, dalam 5 besar militer paling miskin di dunia juga ada Republik Afrika Tengah, Kirgistan, dan Bhutan.

Baca Juga: Punya Militer Paling Lemah di Dunia Tapi Negara Ini Jadi Garis Terdepan Militer India, Pantas Saja India Rela Gelontorkan Dana Besar, Jika Tidak Bahaya Ini Bisa Mendekat!

Tak heran jika Laos hanya menyediakan anggaran pertahanan yang kecil untuk militernya, negara Asia Tenggara ini juga tengah terbelit utang dengan China.

Negara kecil ini menjadi korban terbaru diplomasi 'jebakan' utang Negeri Tirai Bambu.

Mengutip eurasiantimes.com (25/11/2020), program BRI andalan China telah menuai kritik yang luar biasa karena banyak kesepakatan bilateral dan multilateral antara negara-negara peserta terjadi dalam kerahasiaan mutlak.

Lembaga think tank yang berbasis di Washington, Center for Global Development memperingatkan bahwa 23 dari 68 negara yang mendapat manfaat dari investasi Belt and Road secara signifikan atau sangat rentan terhadap tekanan utang.