Find Us On Social Media :

Kedekatan Calon Kapolri dan Presiden Jokowi Kian Disorot, Komjen Listyo Pernah Menjabat Kapolres Surakarta Saat Jokowi Menjadi Wali Kota Solo, Apa Kata Pakar?

By Maymunah Nasution, Sabtu, 16 Januari 2021 | 16:10 WIB

Komjen Listyo Sigit Prabowo

Intisari-online.com - Pemilihan Kapolri selanjutnya menggantikan Idham Azis semakin di depan mata.

Saat ini, Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi nama tunggal yang diajukan Presiden Joko Widodo.

Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menilai Komjen Listyo tidak terlalu memiliki rekam jejak yang istimewa.

Kendati demikian, ia menyebut, Listyo memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Dulunya Masih Ada Kandidat Lain Tapi Hengkang Karena Kasus Joker, Pengusut 'Joker' dan Maria Lumowa Ini Kini Jadi Calon Tunggal Kapolri

“Belum lagi tak ada yang terlalu istimewa dengan rekam jejak Listyo Sigit. Artinya apa?

"Upaya untuk membangun merit system dan profesionalisme dalam organisasi Polri sudah benar-benar dikacaukan dengan keputusan presiden yang menunjuk orang dekatnya,” ucap Bambang dikutip dari Kompas.com, Jumat (15/1/2021).

Seperti diketahui, sebelum menjabat sebagai Kabareskrim, jenderal bintang tiga itu pernah menjabat sebagai Kapolres Surakarta pada tahun 2011.

Pada saat yang sama, Jokowi ketika itu masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Baca Juga: Presiden Jokowi Terima Suntik Vaksin Covid-19 Pertama Kali, Namun Perawat di Wales Ini Malahan Terinfeksi Covid-19 Setelah Disuntik Vaksin Pertama, Jadilah Suntikan Kedua Tertunda