Find Us On Social Media :

Beginilah Lima Pandemi Terburuk Sepanjang Sejarah Akhirnya Berakhir, Salah Satunya dengan Melakukan Isolasi Seperti Dilakukan Penderita Covid-19 Sekarang Ini

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 15 Januari 2021 | 12:00 WIB

Sepasang suami istri menderita lecet Black Death, wabah pes yang melanda Eropa pada Abad Pertengahan. Dari manuskrip Swiss Toggenburg Bible, 1411.

Intisari-Online.com – Tidak hanya di awal tahun 2020 saja dunia mengalami pandemi, nyatanya sepanjang sejarah beberapa pandemi terburuk,bahkan, sudah dilalui.

Meski memakan banyak korban, namun inisiatif medis dan kesehatan masyarakat mampu menghentikan penyebaran penyakit lain.

Saat peradaban manusia berkembang, begitu pula penyakit menular.

Sejumlah besar orang yang tinggal berdekatan satu sama lain dan dengan hewan, seringkali dengan sanitasi dan nutrisi yang buruk, menyediakan tempat berkembang biak yang subur untuk penyakit.

Baca Juga: Mengapa Pandemi Flu 1918 Tidak Pernah Benar-Benar Berakhir, Nyatanya Kini Kita Dihadapkan Kembali Pada Pandemi Virus Corona yang Termasuk Turunan Virus Flu

Dan rute perdagangan luar negeri baru menyebarkan infeksi baru ke mana-mana, menciptakan pandemi global pertama.

Berikut cara lima pandemi terburuk di dunia akhirnya berakhir.

1. Wabah Justinian — tidak ada yang tersisa untuk mati

Tiga dari pandemi paling mematikan dalam sejarah yang tercatat disebabkan oleh satu bakteri, Yersinia pestis, infeksi fatal atau dikenal sebagai wabah.

Baca Juga: Sebelum Pandemi Dipaksa Terbangkan Pesawat Tak Aman, Saat Pandemi Terpaksa 'Berkarat', Inilah Nasib Para Pilot Indonesia Menurut Laporan Media Asing