Find Us On Social Media :

Mengapa Presiden AS Nixon Mengundurkan Diri dan Bisakah Trump Melakukan Hal yang Sama? Begini Penjelasan Seorang Sejarawan Amerika

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 13 Januari 2021 | 16:00 WIB

Presiden Nixon - Donald Trump, mungkin kejadian mengundurkan diri keduanya sama?

Intisari-Online.com – Kita mungkin bisa mengatakan bahwa Trump sekarang berada dalam posisi Nixon pada akhir 1973 dan awal 1974.

Pada tanggal 9 Agustus 1974, menyusul Skandal Watergate yang berkepanjangan dan berlarut-larut, Richard Nixon terpaksa mengundurkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat.

Konsekuensi dari upaya untuk menyadap markas Komite Demokratik kembali menggigitnya dan Nixon menjadi Presiden pertama dalam sejarah yang mengundurkan diri.

Taktik politik kotor yang digunakan untuk mendapatkan keuntungan sebelum pemilu 1972 harus dibayar mahal dan menunjukkan bahwa bahkan Presiden pun tidak berada di atas hukum.

Baca Juga: Mengulik Sejarah Bagaimana Siaran Televisi Pertama untuk Debat Presiden AS, 'Hanya Kennedy yang Awalnya Mau Datang, Nixon Tak Pakai Riasan Sama Sekali!'

Hari ini, ketika Presiden Donald Trump menghadapi seruan untuk mengundurkan diri menyusul klaim bahwa dia bekerja bersama pejabat pemerintah Rusia untuk memenangkan pemilihan Amerika 2016, apakah sejarah berulang?

Untuk mengetahuinya, Profesor Iwan Morgan, seorang sejarawan dan dosen Sejarah Amerika Serikat di University College London, yang berspesialisasi dalam sejarah politik Amerika.

Kita bertanya apa yang terjadi dalam kasus Nixon dan apakah ada kesamaan antara dulu dan sekarang.

Mungkinkah Trump, seperti Nixon, dipaksa untuk berjalan atau apakah Watergate adalah peristiwa satu kali dalam sejarah politik Amerika?

Baca Juga: Saat Amerika Kirim 22.395 Ton Peralatan Perang ke Israel, Uni Soviet Tak Mau Kalah Bantu Arab