Find Us On Social Media :

Tak Hanya Kerusuhan Massa Pendukung Donald Trump yang Menyerang, Nyatanya Sejarah Mencatat Serangan di US Capitol Juga Pernah Terjadi di Masa Lampau, dari Kebarakan Hingga Dipasangi Bahan Peledak

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 12 Januari 2021 | 12:00 WIB

US Capitol

Intisari-Online.com – Tak hanya karena kurang puas dengan hasil pemilihan Presiden AS baru-baru ini saja lantas US Campitol diserang oleh massa pendukung Presiden Donald Trump.

Selama 200 tahun sejarahnya, kursi legislatif negara tersebut telah bertahan dari perkelahian, pembobolan, dan penembakan.

Dalam lebih dari 200 tahun sejarahnya, U.S. Capitol telah menjadi lokasi utama di mana Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat mengesahkan undang-undang negara dan tempat presiden dilantik dan menyampaikan alamat kenegaraan tahunan mereka.

Tapi meski Capitol dibangun untuk menampung pemerintahan legislatif, ia juga menjadi tempat kekerasan dalam bentuk api, pembobolan, baku tembak, dan penembakan.

Baca Juga: Demonstrasi Capitol Hill yang Rusuh dan Memakan Korban Memicu 'Kudeta' Serupa di Israel?

Inilah beberapa kejadian serangan yang pernah terjadi di US Capitol.

1. Kebakaran merusak Gedung Kongres AS selama perang tahun 1812

Pembangunan Capitol secara resmi dimulai pada 18 September 1793, ketika Presiden George Washington meletakkan batu penjuru pertama.

Orang-orang kulit hitam yang diperbudak melakukan pembangunan Capitol yang sebenarnya.

Baca Juga: Di balik Kerusuhan dan Penjarahan Besar di Gedung Capitol, Ternyata Hanya Kotak Inilah yang Sangat Dilindungi Bahkan Akan Sangat Bahaya Jika Hilang, Apa Isinya?