Find Us On Social Media :

Nasib Heinrich Müller; Nazi Berpangkat Tertinggi yang Berhasil Lolos Namun Keberadaannya Hingga Kini Masih Dipertanyakan, Benarkah Sudah Dimakamkan Bersama Ribuan Orang Yahudi

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 13 Januari 2021 | 13:00 WIB

Nasib Heinrich Müller; Nazi Berpangkat Tertinggi yang Berhasil Lolos

Intisari-Online.com – Sempat berjaya dan ditakuti, pada akhirnya Nazi pun harus tunduk atas kekalahannya pada pasukan Sekutu.

Pada musim semi 1945, ketika tank-tank Rusia meluncur menuju Berlin, pejabat tinggi Nazi mulai mempertimbangkan pilihan mereka.

Beberapa memilih bunuh diri; Adolf Hitler menembak dirinya sendiri di Führerbunker, sementara Joseph Goebbels, menteri propaganda Nazi, menelan sianida bersama dengan istri dan enam anaknya.

Yang lainnya memilih untuk melarikan diri; Adolf Eichmann tetap tidak terdeteksi di Amerika Selatan sampai ditangkap oleh Mossad pada tahun 1960.

Baca Juga: Mampu Robohkan Dinding Beton dan Pelat Baja, Inilah Schwerer Gustav Senjata Terbesar dan Paling Mematikan di Dunia Milik Nazi, Butuh 250 Tentara untuk Mengoperasikannya

Banyak orang lainnya tewas dalam kekacauan di hari-hari terakhir perang atau ditangkap oleh pasukan Sekutu dan kemudian diadili atas kejahatan perang mereka, termasuk komandan Luftwaffe Hermann Göring.

Namun, ada satu tokoh senior rezim Nazi yang keberadaannya setelah perang masih belum bisa dikonfirmasi hingga saat ini.

Heinrich Müller adalah kepala polisi rahasia negara yang ditakuti Hitler yang dikenal sebagai Gestapo untuk sebagian besar Perang Dunia II.

Bersama dengan bawahannya Adolf Eichmann dan atasannya Reinhard Heinrich, atau dikenal sebagai 'The Blond Beast', Müller adalah pemain kunci dalam organisasi dan eksekusi Holocaust.

Baca Juga: Sisi Gelap Kemerdekaan Israel: Buat Inggris Frustasi, Jadikan Orang Arab Sangat Marah hingga Bertingkah Seperti Nazi