Find Us On Social Media :

Ilmuwan Terkejut Temukan Kerangka Kuno yang Dipercaya Sebagai Makhluk Paling Tua di Bumi yang Pernah Hidup, Seperti Ini Wujudnya

By Tatik Ariyani, Selasa, 12 Januari 2021 | 16:24 WIB

Situs arkeologi Oldupai (foto besar) dan harta karun 3 spesies manusia lainnya ditemukan (foto kecil)

Intisari-Online.com - Olduvai (sekarang Oldupai) Gorge, yang dikenal sebagai Cradle of Humankind, adalah situs Warisan Dunia UNESCO di Tanzania, yang dipopulerkan oleh Louis dan Mary Leakey.

Kerja lapangan antar disiplin ilmu yang baru telah mengarah pada penemuan situs arkeologi tertua di Oldupai Gorge seperti yang kemudian dilaporkan dalam Nature Communications.

Melansir Science Daily (7/1/2021), penemuan itu menunjukkan bahwa manusia purba menggunakan keanekaragaman habitat yang luas di tengah perubahan lingkungan selama periode 200.000 tahun.

Terletak di jantung Afrika bagian timur, Rift System adalah kawasan utama untuk penelitian asal-usul manusia.

Baca Juga: Dikerahkan untuk Mencari Puing-puing Sriwijaya SJ182, Ternyata KRI Rigel Bukan Kapal Sembarangan, Disebut Sebagai Kapal Tercanggih di Asia Tenggara Karena Kemampuan Ini

Kawasan itu memiliki catatan luar biasa tentang spesies manusia yang punah dan catatan lingkungan yang mencakup beberapa juta tahun.

Selama lebih dari satu abad, arkeolog dan paleontolog manusia telah menjelajahi singkapan Celah Afrika Timur dan menggali fosil hominin dalam survei dan penggalian.

Hominin adalah apa yang biasa kita sebut Hominid; makhluk yang disepakati oleh ahli paleoantropologi adalah manusia atau nenek moyang manusia.

Namun, pemahaman tentang konteks lingkungan di mana hominin ini hidup tetap sulit dipahami karena kurangnya studi ekologi yang berhubungan langsung dengan peninggalan budaya.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu; Tidak Cuma Garam, Ini 10 Makanan Sumber Natrium