Find Us On Social Media :

Hampir Lakukan Misi Ala 'Kamikaze', Bunuh Diri Demi Tenggelamkan Kapal Induk Belanda Jika Hal Ini Tidak Terjadi, Begini Cerita Pasukan Khusus TNI AL dalam Operasi Pembebasan Irian Barat

By Khaerunisa, Senin, 11 Januari 2021 | 16:40 WIB

Kopaska. (ilustrasi) Hampir Lakukan Misi Ala 'Kamikaze', Bunuh Diri untuk Tenggelamkan Kapal Induk Belanda Jika Hal Ini Tidak Terjadi, Begini Cerita Pasukan Khusus TNI AL dalam Operasi Pembebasan Irian Barat

Intisari-Online.com - Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL menjadi salah satu pasukan khusus Indonesia yang diterjunkan dalam operasi gabungan pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 saat ini.

Seperti diketahui, kecelakaan pesawat dari maskapai penerbangan Sriwijaya Air tengah menjadi duka bagi Indonesia.

Insiden yang dialami pesawat yang mengangkut 62 orang tersebut terjadi pada Sabtu (9/1/2021) kemarin.

Pencarian korban dan puing-puing pesawat terus dilakukan dengan mengerahkan tim gabungan dari berbagai lembaga instansi, termasuk dari TNI.

Baca Juga: Mengenal 3 Pasukan Khusus Indonesia dari TNI AL, Pasukan Elite yang Temukan Puing-puing Pesawat hingga Serpihan Mesin di Kedalaman Belasan Meter dalam Pencarian Sriwijaya Air SJ182

Pencarian telah membuahkan beberapa hasil, salah satunya penemuan serpihan yang berasal dari pesawat Sriwijaya Air oleh Kopaska.

"Di dalam laut ada serpihan pesawat, pesawat hancur total," kata Mayor Laut Edi Tirtayasa, anggota penyelam Kopaska di tengah operasi pencarian.

Kopaska sendiri merupakan bagian dari pasukan khusus yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut.

Berbicara tentang Kopaska, pasukan khusus ini telah terlibat dalam berbagai operasi, salah satunya operasi pembebasan Papua Barat atau yang juga dikenal sebagai Trikora.