Find Us On Social Media :

Kisah Vera Eriksen; Mata-mata Perang Dunia Kedua yang Paling Misterius Hingga Akhir Hayatnya, Bahkan Kehamilan dan Kematiannya Masih Dianggap Hanyalah Rumor

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 2 Januari 2021 | 12:35 WIB

Vera Eriksen, mata-mata Perang Dunia yang paling misterius.

Intisari-Online.com – Pada bulan September 1940 seorang wanita muda yang cantik tiba dengan pesawat amfibi dan perahu karet di pantai Skotlandia ditemani oleh dua pria.

Itu menjadi episode lain dalam upaya Jerman untuk menembus pertahanan Inggris dan mata-mata menyusup ke negara itu.

Dari semua mata-mata wanita selama Perang Dunia Kedua, Vera Eriksen alias Vera Schalburg, mungkin yang paling misterius.

Digambarkan sebagai 'Mata-mata terindah', oleh pengendali Jermannya Nikolaus Ritter, dia hampir bisa menyaingi mata-mata Perang Dunia Pertama Mata Hari dan berbagai 'gadis Bond' yang mengikutinya.

Baca Juga: Mempelajari Novel Mata-mata Era Perang Dingin Ini Seharusnya Dilakukan China dan AS dan Kita Semua untuk Menyambut Tahun Baru, Upaya Mencegah Perang?

Memang, dia mungkin pola dasar 'femme fatale' dari mata-mata Perang Dunia Kedua, tapi siapa dia sebenarnya?

Seperti kebanyakan mata-mata, tidak ada tentang latar belakangnya yang jelas atau terus terang.

Banyak fakta seputar hidupnya yang kontradiktif; beberapa spekulasi, atau hanya fantasi; sisanya telah dihapus dari file MI5 resminya, dan hanya sedikit yang dapat diverifikasi secara mutlak, sehingga sulit untuk membedakan mana yang benar dan mana yang tidak.

Dia mungkin paling baik diringkas dengan ucapan Winston Churchill yang sering dikutip tentang Rusia, '... sebuah teka-teki, terbungkus dalam misteri, di dalam sebuah teka-teki.'

Baca Juga: Hanya Dengan Kenakan Korset, Merpati Ini Malah Berjasa Selamatkan Ribuan Nyawa di Perang Dunia II, Ceritanya Pasti Tidak Pernah Anda Duga Sebelumnya