Find Us On Social Media :

Korea Utara salah Satu Negara Paling Korup di Dunia, Warganya Terjebak dalam 'Lingkaran Setan' Korupsi, Suap, Perampasan, hingga Penindasan

By Khaerunisa, Jumat, 1 Januari 2021 | 20:40 WIB

Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara, salah satu negara paling korup di dunia.

Intisari-Online.com - Di antara negara paling korup di dunia, Korea Utara merupakan salah satunya.

Skor transparansi Korea Utara hanya 17, menjadikannya negara paling korup di dunia urutan ke-9, menurut data Transparency International 2019.

Di atas Korea Utara, ada beberapa negara dengan skor transparansi 16, yaitu Afghanistan, Guinea Ekuatorial, Sudan, dan Venezuela.

Hanya sedikit lebih 'baik', Yaman di urutan ke-4 dengan skor 15. Sedangkan skor Suriah dan Sudan Selatan masing-masing 13 dan 12.

Baca Juga: Negara-negara Paling Korup di Dunia, Afghanistan Bisa Membuat Penyokongnya Habis Kesabaran, Tapi Ternyata Ada yang Lebih Parah!

Semantara itu, negara paling parah tingkat korupnya adalah Somalia, dengan skor transparansi 9.

Korupsi adalah salah satu penyebab utama dan konsekuensi dari ketidakstabilan politik endemik di Somalia, yang menempati peringkat terbawah dari Indeks Persepsi Korupsi Transparency International setiap tahun sejak 2006.

Korupsi terjadi di semua tingkatan baik di sektor publik maupun swasta, dan terlihat dan bentuk perilaku yang diharapkan. Ini Korupsi terjadi di semua tingkatan baik di sektor publik maupun swasta, dan terlihat dan bentuk perilaku yang diharapkan.

Lalu, bagaimana dengan parahnya korupsi di negara pimpinan diktator Kim Jong-un?