Find Us On Social Media :

Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan AS, Situasi Makin Memanas dengan Serangan Roket yang Hancurkan Kedutaan AS di Baghdad, Begini Peringatan Trump untuk Iran

By Khaerunisa, Jumat, 25 Desember 2020 | 16:00 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer Iran dan AS

Intisari-Online.com - Ketegangan terus meningkat di antara kedua negara ini, seperti apa perbandingan kekuatan militer Iran dan AS?

Peristiwa demi peristiwa semakin memanaskan hubungan Iran dan AS.

Terbaru, sebuah serangan roket dilaporkan menghancurkan kedutaan AS di Baghdad, dengan Iran dituding sebagai pihak yang bertanggung jawab.

Serangan itu disebut sebagai yang terbesar di Zona Hijau ibu kota dalam satu dekade terakhir.

Baca Juga: Perbandingan Kekuatan Militer China dan India yang Mengalami Kebuntuan di Perbatasan, Militer India Segera Diperkuat Sistem Pertahanan Udara Paling Modern dari Rusia Ini

Melansir The Wall Street Journal (23/12/2020), Komandan militer AS untuk Timur Tengah mengatakan bahwa serangan roket yang diluncurkan di Kedutaan Besar AS di Baghdad pada Minggu adalah serangan terbesar di Zona Hijau ibu kota sejak 2010, yang berjumlah 21 rudal.

Sementara itu, Presiden Irak mengecam penembakan roket itu sebagai "tindakan teroris" dan mengatakan bahwa penargetan misi diplomatik telah mencoreng reputasi negara.

Dilaporkan bahwa sebuah tinjauan setelah aksi oleh Komando Pusat AS, menunjukkan serangan itu jauh lebih besar dari delapan roket daripada yang dilaporkan Irak pada awalnya.

Pejabat AS mengatakan, serangan itu tampaknya telah dimentahkan oleh sistem pertahanan dipandu radar C-RAM Amerika yang telah dikerahkan AS untuk melindungi kedutaan, dan roket lain meleset dari sasaran.