Find Us On Social Media :

Perbandingan Kekuatan Militer China dan India, Konflik Perbatasan Diperkirakan Tak Akan Berubah Meski China Melakukan Hal Ini

By Khaerunisa, Senin, 21 Desember 2020 | 19:55 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer China dan India, negara yang berkonflik di perbatasan

Intisari-Online.com - Ketegangan dua negara bertetangga ini meningkat belakangan, seperti apa perbandingan kekuatan militer China dan India?

Bentrokan tanpa senjata api yang terjadi bulan Juni di perbatasan telah meningkatkan ketegangan di antara China dan India.

Kedua negara saling menyalahkan atas pecahnya bentrokan tersebut.

Untuk korbannya, India melaporkan 20 orang dari pihaknya tewas, sementara korban dari India tidak dikonfirmasi.

Baca Juga: Pemilik Militer Paling Miskin di Dunia, Termasuk Negara yang Bakal Berhenti Terapkan Wajib Militer Tahun Depan Ini

Setelah terlibat bentrok dengan India, China baru-baru ini menunjuk komandan militer baru.

Melansir The Print (20/12/2020), Presiden China Xi Jinping telah menunjuk seorang komandan baru untuk Komando Teater Barat (WTC) yang penting, yang menjaga perbatasan negara itu dengan India, di tengah perselisihan di Garis Kontrol Aktual (LAC) di Ladakh .

Jenderal Zhang Xudong menggantikan Jenderal Zhao Zongqi yang berkuasa, yang pensiun. Zhang adalah orang kedua di Komando Teater Pusat, yang bertanggung jawab atas keamanan ibu kota China, Beijing.

Sebagai komandan WTC, Zhang akan mengawasi Angkatan Darat (Angkatan Darat) Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), Angkatan Udara dan Roket, selain elemen-elemen lain di wilayah Tibet dan Xinjiang.