Find Us On Social Media :

Kini India Punya Terowongan Menembus Wilayah Penting, Perkuat Militernya yang Masih di Bawah China, Ini Perbandingan kekuatan Militer China dan India

By Khaerunisa, Selasa, 24 November 2020 | 12:52 WIB

Pembangunan terowongan tertinggi di Pegunungan Himalaya India. Ilustrasi perbandingan kekuatan militer China dan India

Intisari-Online.comIndia dan China menghadapi ketegangan yang meningkat di perbatasan, seperti apa perbandingan kekuatan militer kedua negara?

Berbicara mengenai kekuatan militernya, China dianggap lebih unggul, namun India menyusul di bawahnya.

Menurut Global Firepower, China berada di peringkat ke-3 sebagai militer paling kuat di dunia, sementara India di peringkat ke-4.

Masing-masing tentunya terus meningkatkan kekuatan militer mereka.

Baca Juga: Ketika Iran Waspadai Serangan AS di Akhir Pemerintahan Trump, Ini Perbandingan Kekuatan Militer AS dan Iran

Selain oleh tentara dan persenjataannya, faktor lain juga diperhitungkan untuk menilai kekuatan militer suatu negara, termasuk faktor keuangan, logistik, dan geografi.

India baru-baru ini telah meresmika sebuah terowongan yang menembus pegunungan himalaya, dinamai dengan nama mantan Perdana Menteri Atal Bihari Vajpayee.

Terowongan itu disebut sebagai terowongan tertinggi di dunia, terletak di Himalaya pada ketinggian 3000 meter (10.000 Kaki) dari permukaan laut rata-rata (MSL).

Mengutip aa.com.tr (3/10/2020), perdana Menteri India Narendra Modi pada hari Sabtu meresmikan "terowongan jalan raya terpanjang di dunia" yang dibangun di negara bagian utara Himachal Pradesh yang berbatasan dengan China.