Find Us On Social Media :

Ketika Iran Waspadai Serangan AS di Akhir Pemerintahan Trump, Ini Perbandingan Kekuatan Militer AS dan Iran

By Khaerunisa, Senin, 23 November 2020 | 18:56 WIB

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Iran Hassan Rouhani. ilustrasi perbandingan militer AS dan Iran

Intisari-Online.com - Di masa akhir pemerintahan Presiden Donald Trump, ketegangan AS dan Iran tak mereda, seperti apa perbandingan kekuatan militer AS dan Iran?

Seperti diketahui, di bawah kepemimpinan Trump, ketegangan AS dengan Iran meningkat, bahkan hingga akhir masa kepemimpinannya.

Pada 2018, Trump secara sepihak menarik AS dari kesepakatan nuklir Iran dengan kekuatan dunia.

Sejak itu, Iran secara bertahap meninggalkan batasan pada program pengayaan uraniumnya.

Baca Juga: Prancis Geram Merasa Dijelek-jelekkan Turki, Ketegangan Masih Berlanjut, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Turki dan Prancis

Sementara pada pertemuannya dengan para pembantu keamanan nasional (12/11/2020), Trump dilaporkan meminta opsi untuk menyerang fasilitas nuklir Iran.

Trump akhirnya memutuskan untuk tidak mengambil langkah dramatis itu, setelelah para penasihat membujuk Trump untuk tidak melanjutkan serangan karena risiko konflik yang lebih luas.

Kini menjelang akhir masa jabatan Trump, Iran bersikap waspada.

Mengutip Kompas.com (21/11/2020), Iran telah menginstruksikan seluruh aliansinya di Timur Tengah untuk berada pada kewaspadaan tinggi dan menghindari provokasi dengan Amerika Serikat ( AS) yang dapat menyebabkan pemerintah Trump meluncurkan serangan di masa akhirnya menjabat.