Find Us On Social Media :

China Bisa Kebakaran Jenggot, Bagaimana Tidak? Ternyata AS Siap Lakukan Ini di Laut China Selatan

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 23 November 2020 | 18:35 WIB

Ilustrasi militer China.

Intisari-Online.com - Amerika Serikat (AS) mendukung Filipina dalam upayanya melindungi hak kedaulatannya di Laut China Selatan.

Dan, siap membantu sekutunya itu jika diserang di perairan yang disengketakan tersebut.

Filipina bulan lalu mengumumkan akan melanjutkan eksplorasi minyak dan gas di atau dekat Reed Bank Laut China Selatan, yang terletak di lepas pantai Barat wilayah mereka yang juga diklaim oleh China.

“Itu milik orang Filipina."

Baca Juga: Didukung Penuh Oleh Iran, Milisi Houthi Bertekad Gempur Arab Saudi, Tak Peduli Sedang Ada Ibadah Haji, Kali Ini Berhasil Serang Fasilitas Minyak Ini, Mengapa Dunia Hanya Diam?

"Itu bukan milik beberapa negara lain yang hanya karena mungkin lebih besar dari Filipina mereka dapat mengambil dan mengubah sumber daya orang Filipina."

"Itu salah," tegas Penasihat Keamanan Nasional Robert O'Brien, Senin (23/11), seperti dikutip Channel News Asia.

O'Brien menyampaikan dukungan AS tersebut saat mewakili Presiden Donald Trump dalam acara Senin (23/11) di Departemen Luar Negeri di Manila, tempat dia mengumumkan pemberian rudal dan bom ke militer Filipina.

Kelanjutan perjanjian keamanan utama

Baca Juga: Sampai Dijuluki Peti Mati Terbang, Inilah 5 Pesawat Tempur Terburuk Sepanjang Sejarah, Beberapa Pernah Mendominasi Langit Medan Perang