Find Us On Social Media :

Kegagalan AS Bersekutu Dengan Negara ASEAN Kian Tampak, Ahli Sebut Ide Mendirikan Pangkalan Militer di Dekat Indonesia Pun Hanya Wacana Saja, Ini Sebab Upaya AS Akan Gagal Total, Menohok!

By Maymunah Nasution, Kamis, 19 November 2020 | 19:35 WIB

Pangkalan militer milik Amerika Serikat di Okinawa, Jepang

Intisari-online.com - Analis maritim Asia telah dibuat geger dengan proposal Washington mendirikan pangkalan militer di Singapura, negara tetangga Indonesia.

Banyak yang tidak habis pikir dengan gagasan Amerika tersebut.

Para ahli tersebut menyebutnya sebagai 'balon percobaan' yang dilakukan oleh administrasi Trump, satu hal yang justru dianggap mereka gagal total ke depannya.

Hal ini karena proposal itu tidak akan mendapat dukungan dari negara-negara Asia, atau ditindaklanjuti oleh Joe Biden di pemerintahannya selanjutnya.

Baca Juga: Asyik Hancurkan Pangkalan Militer Iran, Israel Malah Temukan 'Situs Militer' Rahasia Sang Musuh, Lokasinya Benar-benar Tak Terlacak, 'Ada Berbagai Bahan Peledak di Sekitarnya'

Lantas apa penyebab negara Asia tidak suka dengan pendekatan AS ini, jika negara Asia juga memerlukan AS untuk menangkal kekuatan China yang terus tumbuh di Asia-Pasifik?

Tentunya secara logis menempatkan musuh China di tempat strategis menjadi salah satu cara yang bisa menangkal kekuatan China menguasai perairan strategis Laut China Selatan.

Namun rupanya, bagi para pakar, keberadaan pangkalan militer AS permanen di wilayah itu justru membuat suasana semakin kacau.

Keberadaan pangkalan militer misal di Singapura atau di Natuna justru akan sebabkan Beijing lebih marah.

Baca Juga: Satu-satunya di Dunia, Jet Tempur F-35 Milik Israel Memang Beda, Rupanya Ini Keistimewaan yang Tak Dimiliki F-35 Negara Lain