Find Us On Social Media :

India Punya Sejarah Kalah Perang dari China, Seperti Apa Perbandingan Kekuatan Militer China dan India saat Ini?

By Khaerunisa, Kamis, 12 November 2020 | 19:31 WIB

(ilustrasi) Perbandingan kekuatan militer China dan India

Intisari-Online.com - Beberapa dekade lalu, India pernah kalah perang dari China, lalu bagaimana perbandingan kekuatan militer China dan India saat ini?

Bentrokan militer terjadi di perbatasan China dan India belakangan ini, membuat dunia memperhatikan perkembangan situasi antara kedua negara tersebut

Pertarungan tanpa adu tembak terjadi beberapa waktu lalu antara tentara penjaga perbatasan China dan India, dan setidaknya telah menewaskan 20 tentara India.

Kemudian, baik China maupun India, kedua sama-sama meningkatkan jumlah personil tentara di perbatasan, termasuk menambah artileri, pesawat tempur, dan kendaraan lapis baja di dekat perbatasan.

Baca Juga: Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Iran, Tambahan 500 Kendaraan Lapis Baja Berat di Tahun 2020 Makin Memperkuat Posisi Iran

China dan India sendiri terakhir kali terlibat perang pada tahun 1962 yang dimenangi oleh China.

Saat itu, India harus menerima kekalahan. Sementara kemenangan China membuatnya menduduki secara de facto wilayah pegunungan yang saat ini disebut Aksai Chin.

Fakta bahwa dua negara yang tengah memelihara ketegangan tersebut sama-sama merupakan pemilik senjata nuklir, juga semakin meningkatkan kekhawatiran global.

Jika India kalah di masa lalu oleh China, seperti apa perbandingan kekuatan militer kedua negara saat ini?