Find Us On Social Media :

Berkonflik di Laut China Selatan, Seperti Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan AS, Angkatan Laut Mana yang Berpeluang Menang?

By Khaerunisa, Senin, 9 November 2020 | 14:30 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer China dan AS. Nanchang adalah kapal perang terkuat dari angkatan laut China selain kapal induk.

Intisari-Online.com - Seperti apa perbandingan kekuatan militer China dan AS, dua negara yang tengah berkonflik sengit di Laut China Selatan?

Belakangan ini, ketegangan antara China dan AS sendiri meningkat di Laut China Selatan.

Hal itu pun memunculkan ketakutan akan terjadinya perang dunia ketiga.

Saling serang antara dua negara ini misalnya terjadi pada bulan Agustus lalu, ketika Beijing meluncurkan rudal jarak menengah ke Laut China Selatan sebagai peringatan keras kepada Amerika Serikat (AS), (26/8/2020).

Baca Juga: Perbandingan Kekuatan Militer China dan India, China Memimpin sebagai Militer Terkuat ke-3 di Dunia Tapi Disebut Tak Punya Hal Ini

Tembakan rudal itu dilakukan China sehari setelah China mengatakan pesawat mata-mata U-2 AS memasuki zona larangan terbang tanpa izin.

Sementara itu, pada bulan Juli, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengumumkan bahwa hubungan AS dengan China masuk era baru.

Pompeo mengatakan, pemerintahan Presiden Donald Trump tidak akan lagi memperlakukan China sebagai 'negara normal' dan akan menggalang dukungan dari pemerintahan negara lainnya yang memiliki pendapat yang sama.

Menteri Luar Negeri AS ini menyebutkan bahwa China semakin otoriter di dalam negerinya dan lebih agresif, serta bermusuhan dengan kebebasan dimana-mana.