Find Us On Social Media :

Biden Menang, Media China Sebut Ketegangan Hubungan dengan AS Mereda, Selama Ini Trump Sengaja Ciptakan Ketegangan?

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 9 November 2020 | 13:33 WIB

Joe Biden.

Intisari-Online.com - Media-media resmi Pemerintah China menyambut positif dan optimis terhadap kemenangan presiden terpilih dari Partai Demokrat Joe Biden dalam pemilihan presiden Amerika Serikat (AS).

Hal itu terlihat jelas dalam editorialnya, pada Senin (9/11/2020).

Bahkan media-media China sangat yakin hubungan dengan AS dapat dipulihkan dan dapat dimulai dengan perdagangan.

Meskipun mengakui AS tidak mungkin meredakan tekanan pada China pada isu-isu seperti Xinjiang dan Hong Kong, surat kabar China yang didukung negara, Global Times mengatakan Beijing harus bekerja untuk berkomunikasi dengan tim Biden secara menyeluruh.

Baca Juga: Selalu Bersaing Ketat Dengan Amerika, Begini Kemampuan Militer Rusia, Dari Senjata-senjata Usang Bisa Gempur NATO dan AS Lewat Teknologi Ini

“Pemerintahan Presiden Donald Trump sengaja menciptakan ketegangan hubungan China-AS."

"Terutama setelah mengadopsi strategi kampanye menekan China, yang menyebabkan "gelembung" terjadi dalam kebijakan AS-China,” tulis Global Times dalam editorialnya, seperti dilansir Reuters, Senin (9/11/2020).

Global Times adalah tabloid yang diterbitkan oleh People's Daily, surat kabar resmi Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa, tetapi tidak berbicara atas nama partai dan pemerintah.

Surat kabar China Daily mengatakan dalam editorial terpisah, bahwa kemenangan Biden "jelas" meningkatkan hubungan dengan China dapat dimulai dari perdagangan.

Baca Juga: Dengar Teriakan Saat Sedang Kupas Sayur, Pedagang Temukan Bocah Disekap Tantenya Sendiri dalam Kondisi yang Memprihatinkan