Find Us On Social Media :

Perkuat Sekutu untuk Lawan China, AS Siap Bela Jepang dari Ancaman China, 'Kekuatan Militer Amerika Masih Lebih Besar dari China'

By Tatik Ariyani, Jumat, 6 November 2020 | 08:16 WIB

Ilustrasi - Tentara AS

Intisari-Online.com - Perseteruan antara China dan Jepang terkait dengan sengketa Kepulauan Senkaku masih terus berlangsung.

Baik Jepang maupun China mengklaim pulau-pulau yang tidak berpenghuni yang dikenal sebagai Senkakus di Jepang dan Diaoyus di China, sebagai milik mereka.

Tetapi Jepang telah mengelola pulau itu sejak 1972.

Ketegangan pulau yang berjarak 1.200 mil (1.900 kilometer) barat daya Tokyo tersebut, telah mendidih selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Duh, Teganya! Kisah Ayah yang Tega Bunuh Anaknya yang Tengah Nonton TV Hanya Karena Curiga Sang Anak Positif Covid-19

Baik Jepang maupun China kemungkinan tidak akan mundur di wilayah tersebut.

Sengketa pulau-pulau itu tidak jauh berbeda dengan sengketa perbatasan di ketinggian Himalaya, selama puluhan tahun ketegangan di perbatasan yang tidak jelas antara China dan India.

Repotnya, gejolak tak terduga di Senkaku/Diaoyus dapat memicu konfrontasi militer antara China dan Amerika Serikat (AS).

Itu karena AS memiliki perjanjian pertahanan bersama dengan Jepang.

Baca Juga: Segera Hentikan! 6 Kebiasaan Buruk Pagi Hari yang Pengaruhi Kesehatan Ini, Salah Satunya Pasti Sering Anda Lakukan!