Find Us On Social Media :

Siapapun yang Menang Pemilu AS, Tatanan Dunia Lawas Sudah Tidak Akan Bisa Kembali, Ini Sebab Harapan Sudah Sirna

By Maymunah Nasution, Rabu, 4 November 2020 | 18:17 WIB

Joe Biden dan Donald Trump

Intisari-online.com - Empat tahun Trump telah menjabat, ada istilah bernama Trumpisme.

Trumpisme adalah istilah untuk menggambarkan kekacauan yang telah dibuat oleh Presiden Donald Trump.

Beberapa kekacauan ini antara lain mundurnya AS dari perjanjian perubahan iklim Paris, mundurnya AS dari perjanjian nuklir Iran, dan memberi tangan terbuka kepada para diktator dunia.

Kini kondisi tersebut mungkin masih bisa berubah, dengan pemilu AS sedang dilaksanakan dan ada calon pengganti Donald Trump, yaitu Joe Biden.

Baca Juga: Persaingan Donald Trump dan Joe Biden Berlangsung Sengit, Mengapa Pemilihan Presiden AS Selalu Menarik Perhatian Dunia?

Namun sayang, harapan tatanan dunia lama hanya tinggal harapan.

Bahkan jika Joe Biden memenangkan pemilu ini, ia tidak bisa mengembalikan kondisi dunia sejak pergantian kebijakan luar negeri yang diambil Trump.

Meskipun kandidat Demokrat tersebut telah mengatakan ia akan bergabung kembali dengan perjanjian iklim Paris, mencari cara menyelamatkan perjanjian nuklir Iran, mengabaikan para diktator dan berbaik-baik dengan sekutu lawas AS, tapi kita tidak boleh berharap terlalu banyak.

Melansir CNN, jika Biden menang, tahun pertama pemerintahan Biden akan berpusat kepada menyelamatkan negara dan ekonomi dari pandemi.

Baca Juga: Heboh Netizen Sebut Jika Trump Menang Bakal Ada Perang Sipil Lagi, 'Aku Bebas Berbuat Apa Saja'