Find Us On Social Media :

Meningkatnya Ketegangan Tak Bisa Dihindari, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Iran

By Khaerunisa, Rabu, 4 November 2020 | 13:41 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer Israel dan Iran

Intisari-Online.com - Bagaimana perbandingan kekuatan militer Israel dan Iran yang telah terlibat perang dingin selama berabad-abad?

Permusuhan yang terjadi antara Israel dan Iran telah berlangsung setelah revolusi Iran tahun 1979.

Konflik bertahap muncul di antara keduanya, di mana Israel menentang program nuklir Iran, sedangkan Iran memberi dukungan terhadap organisasi politik Palestina seperti Hizbullah.

Belakangan ini ketegangan antara Israel dan Iran meningkat sejak Presiden Donald Trump, pada 2018, secara sepihak menarik Amerika Serikat keluar dari Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), dikutip dari dw.com (2/1/2020).

Baca Juga: Sama-sama Menduduki Peringkat Atas Militer Terkuat Dunia, Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan India

Rencana tersebut juga dikenal sebagai kesepakatan nuklir Iran 2015, yang bertujuan untuk menghentikan program nuklir Iran dengan imbalan keringanan sanksi.

Penandatangan Eropa untuk JCPOA tidak dapat secara efektif mencabut embargo yang diperbarui pada perdagangan dengan Iran, mendorong Teheran untuk secara bertahap memulai kembali pengayaan uranium ketika kesepakatan itu runtuh pada pertengahan 2019.

Sementara itu, konfrontasi balas dendam terhadap proksi Iran dan AS di Teluk Persia, bersama dengan serangan Israel terhadap proksi Iran di Suriah dan Irak, telah meningkat.

Terlepas dari retorika agresif mereka, para pejabat di kedua negara tersebut tidak menginginkan perang langsung habis-habisan.