Find Us On Social Media :

China Ngotot Genjot PLA agar Setara Militer AS di Tahun 2027, Xi Jinping Dikhawatirkan Seumur Hidup Jadi Presiden

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 2 November 2020 | 16:08 WIB

Xi Jinping

Intisari-Online.com - Partai Komunis China (CPC) mengumumkan rencana untuk membuat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) setara dengan militer AS.

Dikutip dari The Economic Times, Senin (2/11/2020), laporan media setempat menyebutkan bahwa CPC telah menyelesaikan rencana untuk membangun militer modern sepenuhnya yang setara dengan AS pada tahun 2027.

Di tahun tersebut, yang menandai seratus tahun berdirinya PLA, Tiongkok akan membangun militer yang sepenuhnya modern.

Ini merupakan sebuah tujuan yang sejalan dengan kekuatan nasional, dan akan memenuhi kebutuhan pertahanan nasional di masa depan, lapor Global Times mengutip pernyataan analis China yang mengatakan pada hari Sabtu (31/10).

Baca Juga: Sejarah Timor Leste: Pernah Jadi Rebutan Portugal dan Belanda hingga Diinvasi Indonesia

Sidang Pleno BPK yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping mengadakan pertemuan empat hari mengadopsi proposalnya untuk perumusan Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025) untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial Nasional dan Tujuan Jangka Panjang Melalui Tahun 2035.

Rencana Lima Tahun ke-14 itu mengagendakan perombakan besar-besaran pasar domestik China untuk meningkatkan konsumsi guna mengurangi ketergantungan Beijing pada pasar ekspor yang menyusut.

Adapun Xi Jinping memiliki Visi 2035 yang memvisualkan rencana jangka panjang, mencerminkan visi pengembangan termasuk militer.

Secara politis, rencana Visi 2035 Xi telah memicu spekulasi bahwa ia dapat terus berkuasa selama 15 tahun ke depan.

Baca Juga: Niatnya Mau Mengorek Informasi Amerika Serikat, Mata-mata China Kiriman Xi Jinping Ini Malah Kepergok Langsung FBI, Belum Sempat Kembali Bawa Informasi Malah Dipecundangi