Find Us On Social Media :

Indonesia Dibuat Was-was Sampai Singgung Perang Dunia III, Ternyata Kunjungan Amerika ke Negara-negara ini Dinilai Sebagai Alarm Bahaya Perang Semakin Dekat

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 2 November 2020 | 15:00 WIB

Xi Jinping

Intisari-Online.com - Saat ini, ada hal yang perlu diwaspadai dari kunjungan petinggi sejumlah negara ke Indonesia beberapa waktu belakangan.

Menurut Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie, kunjungan tersebut terkait dengan potensi terjadinya perang dunia ketiga.

"Ini mengingatkan seluruh warga bangsa kita bahwa kita ini sedang berada di ancaman perang dunia ketiga."

"Greater depression dari depresi tahun 1930-an yang mana saat itu terjadi antara Perang Dunia I dan Perang Dunia II," ujar Jimly dalam diskusi daring bertajuk "Setelah Suga dan Pompeo Bertandang", Sabtu (31/10/2020).

Baca Juga: Pernah Dijuluki 'Wuhan Kedua' dan Masuk Zona Merah Tua, Kini 63 Kelurahan di Surabaya Dinyatakan Miliki 0 Kasus Covid-19, Ini Rahasia Sukses Pemkot Surabaya, Wajib Ditiru!

Jimly mengemukakan hal itu saat menanggapi kunjungan petinggi sejumlah negara ke Indonesia dalam waktu hampir bersamaan.

Beberapa di antaranya adalah kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo dan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga.

Menurut Jimly, saat ini masih banyak orang yang berpikir bahwa tidak mungkin akan terjadi perang dunia ketiga.

Namun, dia mengingatkan ada gejala-gejala yang tidak bisa dipandang remeh.

Baca Juga: Berikut Merupakan Rincian Lengkap UMP 2021 Terbaru di 34 Provinsi: Tertinggi DKI Jakarta, Mana yang Terendah Ya?