Find Us On Social Media :

Sebut Kehidupan Timor Leste Lebih Baik di Bawah Pengaruh China Ketimbang Indonesia, Padahal Orang China di Timor Leste Malah Blak-Blakan Sebut Orang China Penipu

By Afif Khoirul M, Jumat, 30 Oktober 2020 | 14:27 WIB

(ilustrasi) Bendera Timor Leste.

Intisari-online.com - Sejak kemerdekaan Timor Leste pada tahun 2002, China adalah salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan negara tersebut.

Tak hanya itu, China juga membangun hubungan diplomatik dengan Timor Leste, salah satunya pemberian modal untuk membangun negara.

Sementara itu, menurut Mica Barreto Soares, dari Routledge Handbook of Contemporary Timor-Leste, 2019, memperkirakan negara itu juga menjadi sasaran migrasi penduduk China.

Ada sekitar 4.000 mingan China tinggal di negara tersebut pada tahun 2019.

Baca Juga: Bukan Sembarang Girl Band, Inilah Moranbong, Girl Band Korut Paling Terkenal yang Telah Digunakan sebagai Alat Diplomasi, Dipimpin Mantan Kekasih Kim Jong-un

Mereka mendirikan setidaknya 300-400 perusahaan bisnis, dari usaha kecil hingga besar.

Orang-orang China yang datang ke Timor Leste, mereka menjual barang-barang murah dan bahan bangunan, serta menjalankan usaha kecil seperti restoran, hotel, ritel hingga rumah bordil.

Sayangnya laporan itu tak pernah dipublikasikan oleh Kedutaan Besar China di Dili.

Mereka enggan merilis berapa banyak warganya yang tinggal di Timor Leste, karena mereka juga tidak mendaftarkan kehadiran mereka melalui visa.

Baca Juga: Twitter Sampai Turun Tangan Langsung, Cuitan Mahathir Mohamad Setelah Serangan di Gereja Nice Ini Bikin Gempar, 'Halalkan' Darah Orang Pranci