Find Us On Social Media :

Media Inggris Sampai Keheranan, Meski Timor Leste Miskin, Rakyatnya Banyak yang Menderita Malnutrisi Hingga Penyakit Kronis, Justru Berhasil Kalahkan Virus Corona, Ini Rahasianya!

By Afif Khoirul M, Minggu, 18 Oktober 2020 | 15:01 WIB

Ilustrasi virus corona di Timor Leste.

Intisari-online.com - Di tengah pandemi virus corona ini, hampir semua negara besar babak belur secara ekonomi dan kesehatan.

Namun, Timor Leste, negara kecil di Pasifik ini justru menjadi negara yang berhasil mengatasi pandemi yang mewabah di seluruh dunia ini.

Menurut media Inggris, The Telegraph, sampai keheranan karena negara itu bahkan tidak memiliki sumber daya medis yang memadai untuk melawan penyakit ini.

Dalam laporan itu, The Telegraph mengatakan, hampir 1,2 juta penduduk Timor Leste adalah rakyat miskin yang hidup dalam kemiskinan ekstrem.

 Baca Juga: Gangster Yakuza Gemar Bagi-bagi Permen Saat Merayakan Halloween, 1.000 Anak Bisa Hadir dan Meminta-minta, Polisi Jepang pun Tegas Lakukan Ini

Mereka hanya memiliki sedikit akses ke perawatan kesehatan, dengan tingkat kekurangan gizi tinggi, tetapi berhasil menghindari pendemi virus corona.

Bahkan, media Inggris itu menyebut tindakan Timor Leste bisa dijadikan contoh praktik terbaik mengatasi Covid-19 bagi seluruh dunia.

Pada 21 Maret, Timor Leste yang melaporkan warganya ada yang positif Covid-19, hanya 24 jam kemudian menyerukan keadaan darurat.

Odeta da Silva Viegas, direktur jenderal pemberian layanan kesehatan di kementerian melakuka  tindakan awal penguncian perbatasan, dan menerapkan karantina ketat.

 Baca Juga: Ancam Rakyatnya Hukuman Penjara Kalau Dengarkan K-Pop, Kim Jong-un Malah Pernah Ngaku Suka Musik Korea Selatan, Terpukau Saksikan Penampilan Artis-artis Korsel Ini