Find Us On Social Media :

Ketegangan di Laut China Selatan Masih Berlanjut, Giliran China yang Merasa 'Gerah' dan Tuntut AS Segera Lakukan Hal Ini

By Khaerunisa, Sabtu, 10 Oktober 2020 | 18:59 WIB

(ilustrasi) Kapal Induk Amerika di Laut China Selatan

Intisari-Online.com - Berbagai tindakan China di Laut China Selatan belakangan banyak mendapat protes dari negara tetangga hingga Amerika Serikat.

Seperti latihan militer China di Laut China Selatan yang semakin gencar dilakukan.

Salah satunya dikecam oleh Vietnam, yang mengatakan bahwa latihan militer China di Laut China Selatan akan merugikan negosiasi kode perilaku (COC) maritim regional untuk perairan yang disengketakan itu.

"Dimulainya kembali perundingan code of conduct (COC) setelah jeda cukup lama karena pandemi menjadi prioritas negara-negara ASEAN dan China," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam Le Thi Thu Hang, Kamis (1/10), seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Provokasinya di 'Medan Tempur' Laut China Selatan Seolah Tak Cukup, China Juga Gunakan Media Ini sebagai Propaganda, Makin Tingkatkan Ketegangan

Vietnam, menurut Hang, menjadikan perundingan tersebut sebagai prioritas dan "berharap menyelesaikan COC dengan cara yang efektif dan komprehensif", sejalan dengan hukum internasional.

Hang menambahkan, Vietnam menuntut China menghormati kedaulatannya dan tidak mengulangi latihan semacam itu di Kepulauan Paracel.

Amerika Serikat pun menuduh China mengintimidasi tetangganya.

Namun, baru-baru ini giliran China yang mengecam tindakan Angkatan Laut Amerika Serikat.