Find Us On Social Media :

Bukan Papua Apalagi Natuna, Wilayah Indonesia yang Jarang Disebut Ini Ternyata Jadi Rebutan AS dan China Karena Menyimpan Harta Karun Ini Selama Beradab-abad

By Afif Khoirul M, Sabtu, 10 Oktober 2020 | 17:56 WIB

Peta Indonesia

Intisari-online.com - Seperti yang kita tahu, Natuna merupakan salah satu wilayah yang amat diincar oleh China, karena dipercaya menyembunyikan kekayaan alam melimpah.

Selain itu, di wilayah lain Indonesia adalah Papua yang terkenal dengan gunung emasnya yang memang menjadi idaman Amerika sejak dulu.

Namun ternyata selain Natuna dan Papua ada satu daerah yang jarang disebut ternyata menjadi rebutan AS dan China.

Amerika Serikat dan China berlomba-lomba mendapatkan mineral logam tanah jarang atau Rare Earth dari Indonesia.

Baca Juga: Covid Hari Ini 10 Oktober 2020: Total Ada 328.952 Kasus di Tanah Air, Terbanyak ke-21 di Dunia dan ke-8 di Asia

Harta karun yang ternyata banyak diperoleh di Pulau Bangka dan Belitung.

Melansir asiatimes.com, rare earth, kata para ahli, merupakan unsur yang tidak langka di bumi.

Namun mengingat penggunaannya dalam segala hal mulai dari ponsel cerdas hingga sistem pertahanan dan kedirgantaraan berteknologi tinggi, potensi harta karun dari masa lalu mungkin akan segera menjadi hal besar berikutnya dalam penambangan Indonesia.

Indonesia tampaknya hanya memiliki cadangan yang terkurung dalam limbah batuan, atau tailing, yang tersisa dari penambangan timah selama berabad-abad di pulau Bangka dan Belitung, selatan Singapura.

Baca Juga: Ditemukan Dengan Cara Tak Terduga Batu Burik Berwarna Hitam Ini Ternyata Berharga Rp3 Miliar, Ilmuwan Menyebutnya Emas Mengambang, Ini Kelebihannya!