Find Us On Social Media :

Dicap Sebagai Bekas Penjajah, Timor Leste Ternyata Pernah Minta Bantuan Penting Ini ke Indonesia, Militer Indonesia dan Dokter Khusus sampai Dikirim ke Timor Leste

By Khaerunisa, Sabtu, 10 Oktober 2020 | 16:41 WIB

Ilustrasi Timor Leste

Intisari-Online.com - Melalui invasi Timor Leste tahun 1975, Indonesia sempat menduduki wilayah tersebut hingga tahun 1999.

Itu terjadi setelah Portugis meninggalkan Timor Leste, sementara Timor Leste sempat mendeklarasikan kemerdekaannya yang hanya seumur jagung.

Hanya merasakan kemerdekaan seumur jagung, Timor Leste lalu menjadi bagian dari wilayah Indonesia sebagai provinsi ke-27 selama 24 tahun.

Selama periode 1975 hingga 1999, banyak terjadi pertumpahan darah di Timor Leste, peperangan terjadi antara tentara Indonesia dan orang-orang Timor Leste yang menginginkan kemerdekaan.

Baca Juga: Kisah Pertempuran di Timor Letse Ini Salah Satu Bukti, Doktrin Kopassus, Pasukan Tempur yang Harus Memenangkan Pertempuran Meski Hanya Bersenjata Sebilah Pisau

Perlawanan rakyat Timor Leste mencapai puncaknya di tahun 1999, dengan diberikannya kesempatan untuk dilakukan referendum.

Referendum Timor Leste itu akhirnya menunjukkan hasil bahwa mayoritas rakyat Timor Leste menginginkan kemerdekaan dan menjadi negara sendiri.

Sejarah itu menjadikan Indonesia dicap sebagai bekas penjajah Timor Leste.

Namun rupanya, setelah lepas dari Indonesia dan menjadi negara sendiri, Timor Leste pernah meminta bantuan penting kepada Indonesia.